Tuesday 1 September 2015

Scratch II

Stage yang berada disebelah kanan atas adalah untuk semua spite melakukan action dan berinteraksi. Seperti juga spite, stage dapat menggunakan script yang mengubah penampilan dan kebiasaan. Penggunaan koordinat pada stage berbeda dengan tampilan-tampilan layar yang biasa digunakan pada multimedia. Koordinat scracth menggunakan tampilan model matematika, dimana titik (0,0) adalah ditengah-tengah layar.


Untuk membuat animasi, kita bisa menggunakan scratch Klik icon bintang dengan kuas diatas sprite list (Membuat spite baru / Paint new sprite):

Lalu akan keluar window baru, Paint Editor. Lalu gambarlah sesuatu. Lalu pada tempat script ada tab yang bernama Costumes, Klik untuk memilih tab tersebut.

Pada tab tersebut akan terlihat gambar yang kita buat, kita bisa mengganti nama sprite, edit, delete (x) dan copy. Ganti nama sprite tersebut menjadi 'gbr'

Lalu kita copy sprite yang kita buat tadi, copian sprite ganti namanya menjadi 'gbr2', Lalu klik 'edit' pada sprite gbr2. Modifikasi gambar tersebut dan klik 'ok'.

Klik tab Script dan buat:



Dan ada satu tab lagi, yaitu 'sounds' prinsipnya masi sama dengan costumes. Kita bisa merekam atau mengambil suara dari file. 

Video :





No comments:

Post a Comment