Sunday 17 May 2015

19.Membuat dan Memanggil Fungsi

Dengan fungsi kita bisa membuat suatu program dijalankan berulang-ulang. Dan fungsi adalah suatu program yang berada didalam program atau diluar program itu sendiri, tetapi tetap berada dibawah python. 

Contoh fungsi adalah random ada pada module math() yang tidak ada bila kita menjalankan IDLE atau dengan memangil python pada command prompt. Sehingga kita harus memanggil fungsi tersebut dengan perintah 'import()'.  

Module merupakan suatu program python biasa dengan extension .py yang didalamnya terdapat fungsi dan class juga kadang-kadang variable-variable.

Fungsi secara umum ditulis dengan :

            def namaFungsi(arguments):
                       perintah

Soal argument adalah pilihan, bila tidak perlu tidak perlu dibuat. Argument bisa dibuat lebih dari satu, dan dipisahkan dengan koma. Setiap fungsi pada python mengeluarkan hasil, dan default nya adalah 'None' kecuali kita mensetnya, dengan hasil dari fungsi atau yang lain dengan menggunakan perintah 'return nilai'. Sehingga hasil akan dikembalikan ke progam.

  1. def menghitungluas(r):
  2.      luaslingkaran=pii*r*r
  3.      return luaslingkaran

  4. import math
  5. pii=math.pi

  6. while True:
  7.      print('menghitung luas dan keliling lingkaran')
  8.      jari=input('masukan angka integer untuk jari-jari lingkaran :')
  9.      if jari:
  10.           
  11.           try:
  12.                testInteger=int(jari)
  13.           except ValueError:
  14.                print('input bukan integer')
  15.                continue

  16.           luas=menghitungluas(testInteger)
  17.           print('luas lingkaran = ',luas)
  18.      else:
  19.           break
  20. print ('selesai')

Pada baris 1 sampai 3 adalah fungsi yang bernama 'menghitungluas()', yang dipanggil pada baris ke 19. Jadi ketika awal program berjalan, fungsi dimasukan kedalam memory (fungsi tidak harus berada diawal file, diakhir dan ditengah pun program fungsi dapat bekerja. Penempatan fungsi biasanya dipaling atas atau di paling bawah program, untuk memudahkan pencaharian fungsi-fungsi tersebut). Sehingga python menjalankan baris 5 dahulu lalu baris berikutnya sampai fungsi dipanggil pada baris 19, python menjalankan fungsi tersebut.

Pada baris 19 (luas=menghitungluas(testInteger)) variable luas akan menerima hasil dari fungsi menghitungluas pada perintah return. Dimana return pada baris ke 3 (return luaslingkaran) diisi dengan variable 'luaslingkaran' yang merupakan hasil perhitungan diatasnya. 
Dan variable yang diberikan pada baris 19 adalah 'testInteger', dan oleh fungsi, variable 'luaslingkaran' tersebut diganti menjadi variable 'r'.

Import math pada baris ke 5 adalah memanggil module, dan pada baris ke 6 (pii=math.pi) adalah memanggil fungsi dari module math tersebut, yang merupakan sebuah variable pi=3.14... atau 22/7.

No comments:

Post a Comment