Wednesday 18 March 2015

1.Apa itu Python

Python merupakan bahasa scripting, dan bukan bahasa programming. Beda bahasa scripting dengan bahasa programming ada beberapa point yang membedakan, yaitu:
  • Programming harus dicompile. Sedangkan scripting tidak perlu. Bahasa programming yang harus dicompile seperti C, C++, java dan lain-lain. Setelah dicompile akan menghasilkan sebuah file yang berisi kode-kode berbahasa mesin, yang dapat dibaca dan dijalankan oleh komputer, dan tidak dapat dibaca oleh kita (kalo ada yang mau coba baca silahkan saja, saya tidak menyarankannya). Salah satu efek dari compile adalah membuat hasil program yang cepat. Sebab compile mengoptimasi kode ketika proses compile.
  • Sedangkan bahasa scripting dapat dibaca, diterjemahkan, dan bertindak ketika kita menjalannya. Bahasa scripting tidak mengcompile file, dan menjalankan intruksi seperti yang kita tulis. Bila kita membuat kode yang berputar-putar, maka hasilnya pun berputar-putar, sehingga bahasa scripting dapat menghasilkan program yang lambat.


Programming yang telah dicompile kebanyakan bekerja langsung pada hardware. Contohnya C++ bekerja langsung pada processor.
Sedangkan bahasa scripting bekerja di dalam program lain. Ketika kita mengeksekusi file scripting, perintah-perintah tersebut dicompile didalam program lain sehingga menghasilkan bahasa mesin. Dengan kata lain scripting memerlukan penerjemah untuk mengeksekusi kode-kode yang kita buat. PHP adalah contoh lain bahasa scripting yang banyak digunakan oleh web server, yang memerlukan PHP scripting engine.

Programming secara alami lebih komplek dan lebih susah untuk dipelajari.

Scripting lebih mudah dibaca, lebih mudah pengkodeannya, dan tidak mengintimidasi untuk orang yang bukan programmer. Tetapi saat ini perbedaan diantara keduanya menjadi sangat tipis dikarenakan scripting juga sudah komplek, dan kecepatan prosessor, memory sudah besar, sehingga untuk task-task tertentu scripting bisa lebih cepat, tapi tidak selalu.

Karena itulah bahasa scripting sering diperkenalkan pertama kali pada orang-orang yang baru belajar program sampai mereka mengerti dasar-dasar bahasa program. Tetapi secara garis besar scripting dan programming itu sama-sama membuat kode-kode.

Bila kita pikir scripting itu bekerja dengan software yang lain sehingga akan menjadi lambat, jangan salah menilai dulu. Java adalah bahasa programming yang di compile. Tetapi Java memerlukan Java Virtual Machine (JVM) untuk menjalankan file yang telah dicompilenya. Keuntungannya adalah kode java yang telah di complile dapat dijalankan disetiap mesin yang ada JVM-nya.

Tetapi yang tidak dapat disangkal adalah bahasa programming lebih komplek dan susah untuk dipelajari. Sebagai contoh dalam Python 3.x untuk menampilkan kalimat “Hallo apa kabar” kita hanya menggunakan:

     print (“Hello apa kabar”)

Atau pada Python 2.x:

     print “Hello apa kabar”

itu saja. Dan dalam C++ :

     #include <iostream>
     using namespace std;
     int main() {
          cout << "Hello, apa kabar" << endl;
          return 0;
     }

Lebih mudah mana penulisannya dan pembacaanya?

No comments:

Post a Comment