Wednesday 18 March 2015

2.1.Menjalankan Program Python

Untuk membuat program python kita bisa membuatnya dengan notepad ataupun dengan word prosessor lainnya. Yang penting extention filenya kita buat ' .py ' yang akan dikenali oleh window untuk menjalankanya dengan python.

Buat file baru dengan nama 'cobapython1.py'.



Lalu kita buka python IDLE/python shell.
Setelah terbuka Python shell, kita masuk ke File > Open, window Open terbuka dan kita cari file 'cobapython1.py' yang tadi kita buat.

 

Pilih dan klik tombol Open. Window python shell baru terbuka yang isinya file cobapython1.py.
tekan tombol F5 pada keyboard, atau bisa juga pada menu pilih Run > Run Module .



Dan yes, kita telah menjalankan sebuah program python yang pertama (Gue mesti bilang 'HORE' gitu?).


Apa yang telah terjadi pada saat kita menjalankan file 'cobapython1'?

Pada saat kita tekan tombol F5 atau Run Module, Python membuat kode-kode byte dari file '.py' yang dijalankan, dan kemudian diproses oleh PVM (Python Virtual Machine) yaitu sebuah mesin virtual (virtual artinya disini hardwarenya tidak ada, yang ada hanyalah software) lalu PVM ini lah yang menjalankan program kita. So, kita biarkan apa yang terjadi pada PVM. Saat ini kita memerlukan hasilnya. Contoh diatas memang sangat tidak mengesankan, karena sekarang hampir semua program jauh lebih komplek dari itu, program-program sekarang ini memerlukan ribuan baris (kita hanya buat dua baris saja) dan berkerja tidak dengan hanya 1 file saja. Dan python juga dapat bekerja seperti itu.


Sekarang kita coba python dengan command prompt. Pada window kita tekan Start > run  maka keluarlah window berikut:

 

Lalu kita ketik 'cmd' kemudia keluarlah window command prompt

 

dan coba ketik 'python', pada gambar diatas window yang ada pada mesin saya tidak mengenal perintah tersebut. Sekarang kita 'hack' windownya (hati-hati ya... bila ada kesalahan step atau intruksi atau pengisian atau pun perubahan-perubahan yang tidak seharusnya, maka akan menyebabkan window anda bermasalah. Sebaiknya bila ada perbedaan antara yang saya ceritakan dengan window anda, sebaiknya hentikan dahulu untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan).

Kita buka control panel dengan Start>Control Panel. Lalu pilih System, lalu Advanced system settings. Klik Tab Advanced lalu tekan tombol Environment Variables... (disini mulai berbahaya) seperti gambar dibawah ini:

 

Setelah itu munculah window baru Environment Variables. Pada System Variable cari Path, klik Path sehingga bagian Path di-highlight, lalu klik Edit.
Sekarang munculah window baru lagi dengan nama Edit System Variable

 

Penting: sebaiknya kita buat backup dari Varialble value, yaitu dengan meng-copy paste isi dari Variable value ke .txt. Buat file dengan notepad dan namai EditSystemVariable.txt, lalu kita copy Variable value dan paste di EditSystemVariable.txt.

Jangan tutup window Edit System Variable, sekarang kita cari file yang bernama python.exe kita di komputer. Pada mesin saya, python saya install di C:\Python34, sehingga alamat python.exe adalah C:\Python34\.

Tambahkan C:\Python34\ ingat TAMBAHKAN (jangan mengkurangi apapun dari isi Variable Value bila kita tidak mengerti apa maksudnya) tambahkan pada bagian akhir Variable Value karakter ';' dan kemudian C:\Python34\

 


klik ok lalu klik ok lagi pada window Environment Variable, dan ok lagi di window System Property.
Lalu kita restart command prompt nya. Setelah command prompt keluar lagi kita ketikan python.

 

Sekarang kita telah masuk pada python. Mulai saat ini setiap kali kita menginput kata python pada command prompt, maka python akan jalan. Bila kita tidak menginginkannya kita hapus saja C:\Python34\ pada Edit System Variable.

Sekarang kita keluar dari python dengan menekan ctrl+z dan enter, kita masuk ke prompt kembali.
Untuk menjalankan program python dari command prompt, kita cari dulu direktori dimana script python .py kita simpan.

Kita coba. Copy dan paste kode dibawah ini pada notepad:

     print('selamat pagi')

dan simpan dengan nama coba1.py, saya simpan di  Z:\Pythons script\

Perhatikan, bila kita menulis pada notepad biasanya notepad akan secara otomatis menambakan .txt pada akhir kata penamaan file. Contohnya bila kita menulis coba1.py maka notepad akan menulisnya coba1.py.txt.

pada command prompt:

 

No comments:

Post a Comment