Wednesday 28 February 2018

C Komen Comments

Kita harus membiasakan menggunakan komen (comments) dalam pembuatan program, walaupun kelihatannya simple. Saat kita membuat program yang simple, comments dirasakan sangat memakan waktu, tapi bila program yang kita buat sudah lebih dari 100 baris (masih bisa didebatkan, tapi kalau sudah mencapai 1000 baris, sudah pasti tidak diragukan lagi) kita memerlukan comments ini.

Comments memudahkan kita mencari baris yang hendak kita perbaiki atau modifikasi. Tanpa comments pencaharian akan membingungkan, dan ada kemungkinan kita memperbaiki baris yang bukan seharusnya kita perbaiki.

Tanpa comments, bila kita sisir baris-baris program yang telah kita buat, sering kali tampak tidak seperti yang kita harapkan, terutama saat kita harus berhenti pembuatan program karena harus tidur, dan besoknya kita akan meneruskan program tersebut, ini yang selalu menjadi masalah, saat kita melanjutkan pembuatan program kita lupa apa yang kita kerjakan kemarin dibaris mana dan fungsinya apa baris tersebut, setelah dicek dan memakan waktu yang panjang, kita bikin kesimpulan bahwa program yang kita buat kemarin tidak nyambung lg, padahal semua baris programnya bisa berkerja dengan baik.

Ada 2 (dua) cara untuk membuat comments ini:

  1. Dengan comments baris, diawal baris kita sisipkan  "//", maka pada baris tersebut merupakan comment, dan tanpa akhiran.
    contoh :
    // comment ini akan berakhir sendirinya. comment yang hanya 1 baris.
  2. Dengan blok comments. Dengan comments ini kita bisa membuat comment berbaris-baris sepanjang kita mau. Untuk membuat comments demikian kita awali comment dengan tanda "/*" dan diakhiri dengan "*/".
    Contoh:
    /*blok comment
    kita bisa membuat comment ini
    hingga berbaris-baris
    sampai ketemu tanda -> */
Jangan takut comments kita akan masuk ke execute file setelah kita compile nanti. Compiler tidak akan membaca atau akan melompati bagian comment. sehingga bila ada orang iseng yang membuka/membedah  program kita, bagian comment tidak ada.

Comments tidak harus berada pada baris baru, comment bisa kita tulis didalam baris program yang kita buat, untuk mengingatkan kita pada hal penting pada baris program tersebut yang jarang atau kita tidak familiar dengan kondisi tersebut. Contoh:

int cariMantan (int tinggi, int tahun, int cuci /*apa ini cuci? cuci adalah cucah cinta lagi, atau yang seperti itulah */ );


int ukuranSepatu = 40 ; // ukuran sepatu yang terakhir digunakan/dibeli

Tapi aturan diatas tidak berlaku bila berada diantara string literal. // atau /* ...*/ oleh compiler merupakan string juga.

printf ("Hello World /*cetak tulisan hello world */ \nhello world //cetak lagi ");

contoh diatas akan dicetak seperti:

Hello World /*cetak tulisan hello world */ 
hello world //cetak lagi

Pada blok comments compiler melewati bagian /* sampai */, jika didalam blok kita isi dengan apapun, compiler tidak akan membacanya sampai ketemu */.

Kenyataanya comment ini jiplakan dari C++ yang ditambahkan kemudian kedalam C oleh C99 standard, sehingga comment tersebut disebut "C++ style", walaupun sebenarnya merupakan jiplakan juga dari sebuah program yang mempelopori C, yaitu BCPL (Basic Combined Programming Language).

Comments ini juga berguna untuk melakukan percobaan, bila kita frustasi menulis ulang secara terus menerus karena compiler menemukan sebuah error yang tidak jelas. Illustrasinya seperti dibawah ini:

percobaan pertama /*kedua*/ dilakukan ;

maka hasilnya adalah percobaan pertama dilakukan. Karena kata "kedua" merupakan comment saja.





No comments:

Post a Comment