Monday 19 February 2018

C Program C pertama, Hello world

Sudah menjadi standar dunia, program pertama adalah "Hello world". Dan Program ini konon yang pertama kali mencetuskannya adalah C, dan ditiru oleh program lainnya. Sebuah program yang sangat terkenal.
Program "Hello world" adalah program yang menampilkan tulisan "Hello world" dilayar. Ya, itu saja. Tapi semua programer tahu ini program. Jadi bila kita tidak tahu, apa kata dunia. Jadi bila tidak ada C, maka (kemungkinan besar) tidak ada "Hello world", ya bila tidak ada C, kemungkinan ada program lain dengan program yang lain juga. Mari kita mulai.

Kita nyalakan dulu Raspberry pi nya, lalu pilih 🍓 (pake emoji strawberry, ga ada emoji rapsberry) Menu > Programming > Geany



dan tampilah window Geany


Lalu tulis :

#include <stdio.h>

void main (void)

{
          /* Cetak statement */
          printf ("Hello world!\n");
}



Lalu kita save (Ctrl+s) dengan nama hello.c
Sebelum kita save file dengan extention file .c , Geany tidak bisa mendeteksi program yang kita buat.
Setelah kita beri nama file dengan extention .c maka otomatis Geany akan meng-highlight command-command yang kita buat
Setelah itu kita compile dengan Build > Compile atau dengan menekan F8
Dan kemudian kita Build dengan Build > Build atau dengan tombol F9
Dan yang terakhir kita Run program dengan Build > Execute atau tombol F5





Kemudian kita coba meng-compile dengan gcc di terminal.
Buka Terminal lalu masuk kedalam directory dimana kita menyimpan file hello.c
setelah masuk kedalam directory kita compile dengan perintah:
gcc -o hasil hello.c






Nah sekarang kita liat kode yang kita buat baris per baris dari kode berikut ini:

#include <stdio.h>

void main (void)

{
          /* Cetak statement */
          printf ("Hello world!\n");
}

Mulai.........

#include <stdio.h>

ini namanya hash-include yang merupakan salah satu library dari C. Kita memerlukan library ini karena kita menggunakan salah satu command yang ada didalam library tersebut, yaitu printf.
stdio.h adalah singkatan dari standart input-output library.
Hash-include pada baris ini untuk memberi tahu compiler untuk memasukan library tersebut kedalam program yang merupakan bagian dari proses compile.

Ketika kita memanggil #include <stdio.h> bukan hanya function printf() saja yang menjadi library di file yang akan kita hasilkan, tetapi juga function yang lain seperti scanf(), getc(), gets(), getchar(), puts(), putchar(), clearerr(), f open(), f close(), getw(), putw(),f getc(), putc(),f putc(), f gets(), puts(), f eof(), f getc(), f printf(), f scanf() dan function yang lain masuk kedalam file yang akan kita hasilkan.
Disisi lain, ketika kita memerlukan function salah satu yang diatas, kita tinggal panggil saja functionnya. 


void main (void)
{......}
Ini adalah fungsi yang bernama main.
void pertama untuk memberitahukan kepada komputer yang melakukan eksekusi, bahwa fungsi ini tidak memberikan feedback. Maksudnya, fungsi ini tidak memberikan feedback (hehehe....).
Sebagai gambaran, ada fungsi yang memberikan feedback berupa angka, hurup, kalimat, ataupun hasil dari perhitungan atau batasan yang kita buat didalam fungsi itu, ketika fungsi memberikan feedback, maka fungsi akan memberikan feedback tersebut kepada command yang memanggilnya.
Function tidak diberikan argument (void) dan bisa diberikan (int, string, dll).

Setiap program selalu ada fungsi main ini, karena ketika kita menjalankan program, maka fungsi main ini yang akan dijalankan pertama.
Void kedua yang berada didalam kurung, kita tidak memerlukan value apapun.
Sedangkan {....} adalah isi dari function main tersebut. Sesuatu yang berada diluar kurung tersebut tidak termasuk dalam function itu.


/* Cetak statement */
Ini adalah untuk membuat komen (diawai dengan /* dan diakhiri dengan */), untuk memudahkan kita mengetahui baris-baris berikutnya ini sedang mengerjakan apa. Untuk program yang sederhana dan sedikit barisnya, tidaklah terlalu berarti, tetapi untuk program yang lebih panjang, ini sangat berguna. Karena ketika kita membuat sebuah program yang panjang, komplikasi, memerlukan lebih dari satu hari pengerjaan, tanpa blok-blok komen maka ketika melanjutkan program tersebut dan melihat baris-baris tersebut, program yang kita buat seakan tidak masuk akal, dan kita membuatnya ulang....
Komen ini tidak akan dihiraukan oleh compiler.

printf ("Hello world!\n);
Dan yang terakhir, yang merupakan tujuan kita membuat program ini, perintah printf yang merupakan bagian dari library stdio.h untuk mencetak karakter yang terdapat didalam tanda double kuote (") dan diakhiri dengan semikolon (;)
Semikolon (;) adalah perintah batas akhir, tidak ada perintah lagi, atau perintah yang ada didepan berakhir disini. Jangan sampai lupa memberikan tanda ini, karena bila tidak, compiler akan bingung dan tidak melanjutkan tahap compiling sampai akhir, dan kita akan berakhir dengan pesan ERROR

No comments:

Post a Comment