Thursday 27 August 2015

Network

Bila RPi kita tersambung ke internet, maka kita kadang-kadang ingin tahu property pada ethernet kita, seperti ip address. Untuk melihat property network kita, kita bisa gunakan ifconfig.


Kita juga bisa 'ping' untuk memastikan RPi kita terhubung dengan internet, Perintah 'ping' ini sangat biasa untuk mengetahui masalah pada network. 'Ping' digunakan untuk memastikan koneksi dua arah pada internet. Ingat banyak web site yang memblok fasilitas ping ini.

Untuk 'masuk' kedalam komputer lain secara remote dan aman (menggunakan encrypted password) kita bisa menggunakan Secure Shell (ssh) yaitu program putty, bila komputer yang ada di remote menjalankan program server SSH server. Raspbian telah mendukung program ssh server, jadi kita bisa menjalankan RPi kita tanpa monitor, keyboard.

Untuk mentransfer file dengan aman kita bisa menggunakan ssh, yaitu dengan program sftp. Dengan program ini kita bisa mendownload atau upload file melalui network, Karena program tersebut menggunakan SSL (Secure Sockets Layer) yang merupakan alat standar dari linux. Pada windows kita bisa menggunakan WinSCP



No comments:

Post a Comment