Friday 28 August 2015

RPi menggunakan Python

Python sangat cocok untuk memulai mengenal bahasa program. Jelas dan mudah untuk dimengerti dan dijalankan. Dengan python kita bisa menulis program dan langsung dijalankan tanpa harus melalui proses compling menjadi bahasa mesin. Dengan python kita tidak perlu memberitahu ke komputer type angka, baris angka atau string. 

Python dapat dijalankan dengan dua cara, yaitu dengan menjalankan baris per baris, atau membuat secara keseluruhan dahulu. Dan Integrated Development Environment (IDE) telah di bundle dengan python dan RPi dengan sebutan IDLE. 

Python 2 dan Python 3 tidak kompatible, bila kita membuat program atau script dengan python 2, tidak bisa dijalankan oleh python 3, begitu juga sebaliknya. Ini disebabkan ada perubahan perintah antara python 2 dan python 3. Keuntungan menggunakan python 2 adalah library yang sudah banyak, sedangkan python 3 baru sebagian dari python 2. 

Python adalah bahasa yang discript dan bukan program. perbedaan antara script dan program adalah, script dibuat dan kemudian diterjemahkan dalam bahasa mesin seraca langsung, script tidak disimpan dalam bentuk bahasa mesin. Sedangkan program, ketika program telah selesai dibuat, maka program tersebut dicomple menjadi bahasa mesin dan disimpan, dan program yang berbahasa mesin itulah yang dijalankan oleh komputer.

Kita bisa menggunakan text editor untuk membuat script python, bisa juga menggunakan IDLE. 

Kita menggunakan IDLE python 3 (karena ini versi terbaru, tidak perlu cemas dengan library yang tidak lengkap)
Pada RPi kita masuk ke menu > Programming > Pyhton 3

setelah itu keluar window baru bernama Python Shell.



Dan selanjutnya seperti scripting python biasa. Untuk belajar Pyhon 3 silahkan klik disini.


1 comment:

  1. permisi, saya mau bertanya untuk proses parsing website itu data yang diunduh dengan library requests masih berupa html, nah apakah data html tersebut perlu di compile menjadi bahasa mesin supaya dapat dibaca, dikenali, dan diproses oleh raspberry pi 3?

    ReplyDelete