Friday 28 August 2015

RPi menggunakan Scratch

Program ini bukanlah program yang seseungguhnya, ini dibuat untuk anak-anak dalam mengenalkan program, menggunakan blok-blok yang warna, yang mewakili operasi. Dengan scratch banyak point programming yang hilang bila dibandingkan program-program lain. Tapi ini baik untuk anak-anak, karena mereka bisa melihat blok-blok yang berwarna-warni, dan mengeksekusi langsung, dan ketika blok-blok tersebut dimodifikasi, effeknya dapat dilihat secara langsung, boleh dibilang real time. 

Walaupun begitu, komunitas scratch cukup banyak dan mereka membagi code, bertanya, dan menjawab seperti forum-forum lain.

Untuk masuk kedalam program Scratch kita masuk ke Menu > Program > Scratch
Tampilannya seperti ini:

Lalu kemudia muncul window baru, Scratch:

Scripting area menampilkan script pada spite (gambar kucing jalan). Bila sekarang kita mengklik spite1, pada scripting akan ada script, tetapi tidak untuk saat ini, pada area scripting akan kosong, karena kita belum mengscript apa-apa pada spite1.

Script dapat dibuat dengan cara dragging blok-blok pada palette ke area scripting. Ada Blok-blok yang dapat diisi dengan blok-blok lainnya. Ada tiga macam blok pada scratch:

  1. Hat Blocks, gambar bendera hijau, bila diklik (when green flag clicked), merupakan awal dari blok dan menunggu diklik. Kita bisa lihat dengan mengklik 'control' pada palette list.
  2. Stackable Blocks, Blok-blok yang mememilik cekungan dibagian atas dan benjolan dibagian bawah yang dapat disambung-sambung seperti puzzle. Blok-blok ini yang akan mengeksekusi dari atas ke bawah. Pada pallete ada di tombol Motion, Looks, Sound, dan Pen. 
  3. Reporter Blocks, Blok-blok yang memiliki ujung lancip dan bulat.



No comments:

Post a Comment