Sunday 23 August 2015

Tentang Raspberry Pi

Raspberry pi (RPi) adalah sebuah komputer yang seukuran kartu ATM, tidak semua bisa dilakukan oleh raspberry pi bila kita bandingkan dengan sebuah komputer PC sekarang ini.

Tapi yang menarik dari sebuah raspberry pi adalah, kira bisa mempergunakannya untuk belajar sebuah program, atau bila kita telah mengetahui program maka kita bisa membuat projek elektronik, dengan harga yang ekonomis (bila dibandingkan dengan komputer pc sekarang ini).

Kita akan menggunakan Raspberry Pi dengan menggunakan Python. Python bukanlah satu-satunya program yang bisa digunakan dengan raspberry pi, tetapi python adalah awal yang baik untuk belajar program. Raspberry pi bisa menggunakan program Scratch, C, Basic, ataupun Assembler. Biasanya programer memiliki multilingual program, untuk mendapatkan kelebihan dan menutup kekurangan dari sebuah program, dan python juga sama seperti program-program lainnya ada kekurangan dan kelebihan sendiri, dengan penderitaan yang berbeda-beda. 

Python yang digunakan adalah yang versi 3.x dan saya menggunakan versi 3.4.3. Python 2.x masih digunakan karena library-nya lebih banyak dari versi 3.x, tapi sedikit-sedikit semua library akan ada untuk versi 3.x nya.

Dan saat ini raspberry pi telah tersedia dengan "RASPBERRY PI 2 Model B" yang merupakan generasi kedua dari raspberry pi, yang dikeluarkan sekitar Febuari 2015. 

Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya Raspberry pi 2 memiliki: 

  1. RPi2 prosessor 900MHz quar-core, yang diperkirakan 6X lebih cepat dari RPi generasi sebelumnya yang hanya memiliki 700 MHz single core. 
  2. RPi2 1GB dengan 450 MHz RAM dan RPi 512MB dengan 400 MHz.

FeatureRaspberry PiRaspberry Pi 2
Model AModel BModel A+Model B+Model B
CPUSingle-core 700Mhz BCM2835Quad-core 900Mhz BCM2836
RAM256512*2565121024
LANNoYesNoYesYes
GPIO Port2640
USB Ports12144
USB Hot-PlugNoYes
StorageSDmicroSD
CVBS VideoRCA Connector4-pole 3.5mm Jack
3.3v PowerLinear RegulatorSwitching Converter



Penampakan RPi2

Display menggunakan HDMI yang juga dapat menggunakan sebuah TV HDMI, yang beresolusin 1080p dan audio dapat didengarkan pada TV. Masih bisa juga menggunakan monitor DVI atau colokan monitor biasa, tapi harus menggukan konverter, dan kalau bisa menggunakan konverter yang ada audionya. Tapi soal audio tidak terlalu masalah, masih bisa menggunakan yang ada pada RPi2 boardnya.



Tinggal pilih aja mana yang cocok dengan displaynya.

SD Card adalah untuk menyimpan data, seperti layaknya sebuah harddisk pada PC. 

USB 2.0 port digunakan seperti pada PC, untuk keyboard, mouse, dan lain-lain. Untuk "dan lain-lain" harus ada drivernya.

Dengan RPi kita hanya memerlukan:

  1. RPi nya sendiri,
  2. Keyboard
  3. Mouse
  4. Display (bisa menggunakan TV HDMI, ataupun monitor.)
  5. SD card 8Gb cukup
  6. USB Power supply. Bisa menggunakan charger handphone, setidaknya yang 1A.

1 comment:

  1. wah keren yaa blognya tentang Raspberry.. oiya kalau agan agan ingin mendapatkan produk Raspberry Pi generasi ke 3 dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau boleh silahkan mampir ke web kami di

    Jual Raspberry Pi dan Arduino

    kami tidak hanya menyediakan semua keperluan tentang Raspberry loh tapi juga produk development board lainnya seperti Arduino dll.

    Selain itu agan agan juga bisa berinteraksi langsung perihal Raspberry atau Arduino dengan technician dan programmer kami yang dijamin handal dan mengerti semua persoalan agan. karena sekarang belajar bisa dengan mudah dengan harga produk yang terjangkau.

    silahkan mampir gan. terimakasih.

    ReplyDelete